RSS Feed

"Siapa Saya?"

Posted by Restiyanti Labels:

Apa yang akan kamu jawab ketika ada orang bertanya “Siapa Anda?” Biasanya yang terlintas pertama kali adalah nama Anda. Padahal pertanyaan tersebut memiliki banyak makna, namun secara tak sadar kita sering menganggapnya sebagai pertanyaan untuk menanyakan nama kita.
Dan jika kemudian pertanyaan itu diperuntukkan untuk saya, “Kamu itu siapa?” Kemudian saya jawab, “Aku Restiyanti, mahasiswi semester 6 jurusan Sistem Informasi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kawasan Depok, aku suka mendengarkan musik dan warna fovorit ku adalah orange.” Namun apakah hanya cukup itu saja jawabannya. Saya rasa tidak. Restiyanti itu hanya sekedar nama, mahasiswi hanya sebuah jabatan atau status atau pekerjaan semata.  
Sebenarnya saya juga bingung menggambarkan “Siapa Saya?”. Ketika saya update status di Twitter, teman saya menjawab seperti pada screenshoot berikut 



Dan memang benar kalimat yang terakhir, saya kurang percaya diri ketika ingin mengeluarkan ide ataupun pendapat. Saya takut orang akan mengira saya sombong. Lalu ada pula teman saya yang membalas lewat pesan di handphone, dia berpendapat hampir sama dengan gambar screenshoot di atas. Ada satu lagi yang membuat saya kaget, dia bilang saya boros. Terdiam sejenak. Ingin menolak pendapat ini namum merasa ada benarnya juga.
Komentar positif yang mereka berikan juga hampir sama yaitu, pintar, sabar, kreatif, baik, lucu, nekat dan sebagainya. Namun bukankah sifat itu bisa berubah kapan saja. Sifat baik dan  buruknya manusia itu relatif, tergantung apa hubungannya orang yang memberi komentar dengan yang diberi komentar. Jika teman atau keluarga biasanya memberikan komentar yang baik-baik. Sebaliknya, jika musuh yang memberi komentar, biasanya semua hal yang negatif akan mereka berikan untuk mengomentari diri kita.
Akhirnya saya berinstropeksi diri sejenak, dan ternyata solusinya sederhana, yaitu belajar untuk percaya diri dan hemat. Kelemahan ini harus saya atasi secepatnya. Jika tidak, akan sulit untuk mengembangkan diri dalam masyarakat maupun dunia kerja.
Diri kita tak bisa digambarkan, karena setiap saat diri ini dapat mengalami perubahan mengikuti perputaran hidup. Kita hanya harus menjalani dengan ikhlas. Selain itu, kita manusia akan terus tumbuh dan berkembang. Lingkungan ikut berpengaruh dalam menentukan “Siapa Saya?”, baik lingkungan keluarga, masyarakat, maupun lingkungan belajar.
Saya adalah pribadi yang sedang dalam proses belajar, belajar percaya diri, belajar bertanggung jawab, dan belajar menerima ketidaksempurnaan. Manusia tidak ada yang sempurna, namun jangan jadikan ketidaksempurnaan sebagai penghambat kita dalam belajar. Inilah jawaban pertanyaan “Siapa Saya?”.

Referensi:

0 comments:

Posting Komentar