RSS Feed

MEMBUAT FORM DATABASE MENGGUNAKAN FASILITAS FORM

Posted by Restiyanti Labels:

Setelah saya membuat dokumen dengan Microsoft Access, saya mencoba untuk membuat Form pada Microsoft Access. Saya mencoba dengan terlebih dahulu saya mencari dan membaca dari berbagai sumber buku yang berkaitan dengan Microsoft Access. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuatnya.

Form dalam Microsoft Access merupakan jendela yang dapat digunakan untuk entry data dalam bentuk lain yang lebih menarik dengan format yang dapat kita atur sedemikian rupa sehingga hasil dan tampilannya di layar dapat lebih menarik dan mudah dimengerti. Untuk membuatnya, terlebih dahulu kita harus mempunyai objek data form yang dapat kita buat dengan cara tiga fasilitas di atas.


Langkah-langkah untuk membuat sebuah form adalah sebagai berikut:
 Aktifkan jenis objek data form.
 Buka Form dalam Microsoft Access, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

 Dalam hal ini kita menggunakan “create form by usiung wizard”. klik dua kali pada create form by usiung wizard, maka akan tampil jendela Form Wizard yang memuat sumber data dari Tables atau Queries seperti gambar berikut:


 Klik tanda > untuk mengaktifkan field yang akan diformat atau klik tanda >> untuk mengaktifkan semua field. Maka nama field yang sudah diformat akan berpindah ke kotak sebelah kanan (selected fields).
 Klik Next untuk ke langkah berikutnya, maka akan tampil jendela form seperti gambar di bawah ini:


Dalam hal ini kita menggunakan Columnar.
 Klik Next untuk langkah selanjutnya, maka akan tampil jendela pilihan contoh dan hasilnya seperti gambar berikut:


Dalam tampilan di atas, pilihan aktif adalah SandStone.

 Klik Next untuk langkah berikutnya, tuliskan nama formnya.
 Klik Finish dalam pilihan “Open the form to view or enter information” untuk mengakhiri sekaligus    memanggil dan membuka object tersebut.
Maka akan tampil seperti gambar berikut:


 Klik icon Save untuk menyimpan data form tersebut.
 Klik posisi record untuk ke posisi record berikutnya dan untuk posisi record sebelumnya. Nomor posisi record aktif akan tertulis pada kotak record tersebut.

Demikianlah langkah dalam membuat Form, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. :)

0 comments:

Posting Komentar