RSS Feed

BELAJAR MICROSOFT ACCESS

Posted by Restiyanti Labels:

PRINSIP DASAR DATABASE
Microsoft Access merupakan salah satu program aplikasi basis data (database) yang banyak digunakan untuk merancang, membuat, dan mengelola database. Database atau biasa disebut basis data adalah kumpulan data yang berhubungan dengan objek, topik atau tujuan kusus tertentu. Contohnya seperti data pegawai, data mahasiswa, data persediaan barang dan lain sebagainya. Database pada Microsoft Access ini terdiri dari satu atau beberapa table, query, form, report, page, dan modul yag semuanya berubungan dan terkait. Beberapa istilah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
• Tables
Adalah kumpulan data yang merupakan komponen utama dalam sebuah database.
• Queries
Digunakan untuk mencari data yang memenuhi syarat tertentu dari satu tabel atau lebih, meng-update atau menghapus beberapa record data pada saat yang sama, dan juga dapat digunakan untuk menjalankan perhitungan terhadap sekelompok data. Sebuah query dapat memiliki sumber data sampai dengan 16 tabel, serta dapat memiliki sampai 255 field yang berbeda.
• Forms
Digunakan untuk menampilkan data, mengisi data, dan mengubah data yang ada dalam tabel. Ketika kita membuat form, Access mengambil data dari satu tabel atau lebih dan menampilkannya ke layar monitor menggunakan layout yang kita buat melalui Form Wizard atau dari layout yang dirancang sendiri.
• Reports
Report atau laporan digunakan untuk menampilkan laporan hasil analisa data. Kita dapat mencetak sebuat report yang telah dikelompokkan, dihitung subtotal dan total datanya berdasarkan kriteria tertentu serta membuat report yang berisi grafik atau label data.
• Pages
Digunakan untuk membuat halaman Web (page) berupa data access page yang dapat ditempatkan di server sistem jaringan Intranet atau Internet.
• Macros
Digunakan untuk mengotomatisasi perintah-perintah yang sering digunakan dalam mengolah data.
• Moduls
Digunakan untuk perancangan berbagai macam modul aplikasi pengolahan database tingkat lanjut sesuai dengan kebutuhan. Modul ini berisi kode Visual Basic for Applications yang ditulis untuk menangani even (peristiwa) dalam Access.


MEMULAI PROGRAM MICROSOFT ACCESS
Langkah-langkah untuk membuka atau memulai program aplikasi Microsoft Access adalah sebagai berikut:
1. Klik tombol Start yang ada pada taskbar.
2. Pilih menu Program Microsotf Access.
3. Jendela program aplikasi Access akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini.


JENIS DATA
Sebelum merancang dan membuat tabel baru, sebaiknya mengenal terlebih dahulu berbagai jenis data yang akan ditampilkan pada setiap field. Jenis-jenis data pada Microsoft Access adalah sebagai berikut:
• Text
Dapat menerima huruf, angka, spasi, dan tanda baca. Sebuah field berisi jenis data teks dapat menampung hingga 255 karakter atau sebanyak lebar yang ditentukan dalam properti Field Size.
• Memo
Dapat menerima teks apa saja sebagai catatan atau keterangan dengan panjang maksimal 65.535 karakter.
• Number
Dapat berisi data bilangan yang digunakan untuk perhitungan otomatis.
• Date atau Time
Hanya dapat menerima tanggal atau waktu.
• Currency
Dapat berisi nilai unag dan data bilangan yang digunakan dalam perhitungan matematis termasuk data dengan 1 sampai 4 angka di belakang desimal. Tipe data ini memiliki ketelitian sampai 15 digit di sebelah kiri tanda desimal dan 4 digit di sebelah kanan tanda desimal.
• AutoNumber
Berisi bilangan yang berurutan atau bilangan acak yang unik yang secara otomatis diberikan oleh Acces jika record baru ditambahkan ke dalam tabel. Tipe data ini tidak dapat diubah oleh user. Properti Field Size dari tipe data ini dapat berupa Long Integer atau Replication ID.
• Yes/No
Berisi nilai Yes/No, atau field yang hanya memiliki dua kemungkinan nilai (Yes/No, True/False, atau On/Off)
• OLE Object
Berisi objek yang dikaitkan atau disisipkan ke dalam tabel Access. Contohnya seperti lembar kerja Excel, dokumen Word, gambar, foto, grafik, suara dan lainnya.
• Hyperlink
Dapat diisi dengan alamat hyperlink (URL) agar bisa terkait dengan objek atau data yang tersimpan dilokasi tertentu. Dengan menggunakan hyperlink, kita dapat melompat ke sebuah objek dalam database Microsoft Access, ke dokumen Microsoft Word, ke lembar kerja Microsoft Excel, ke slide presentasi Microsoft PowerPoint, atau ke halaman Web di Internet.
• Lookup Wizard
Memungkinkan kita untuk memilih nilai dari tabel lain atau daftar nilai yang didefinisikan sendiri dengan menggunakan listbox atau combobox.

2 comments:

  1. annaz smart palopo

    bs tdk mnta kode tempalte bloggerx
    hehhehehehe

  1. Restiyanti

    waduh resty lupa nama templatesnya apa..
    tp waktu itu cari di http://btemplates.com/
    coba aja cari.. smoga bermanfaat.. :)

Posting Komentar