RSS Feed

Kreteria Manager Proyek yang Baik

Posted by Restiyanti Labels: , ,


Dalam melakukan proses produksi, perusahaan harus mampu menghasilkan suatu produk baik berupa barang ataupun jasa yang sesuai dengan criteria, waktu dan besarnya biaya yang telah ditetapkan.. Kriteria tersebut bergantung pada manajemen proyek perusahaan tersebut dan tentunya juga manager proyek perusahaan. Lalu apa kriteria manajer proyek yang baik?

Manajer proyek merupakan individu yang paling menentukan keberhasilan / kegalan proyek. Karena dalam hal ini manajer proyek adalah orang yang memegang peranan penting dalam mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kenberhasilan dalam pencapaian sasaran proyek. Manajer proyek memiliki kriteria seperti tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi, arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang berkualitas baik serta memiliki kompetensi yang disyaratkan. Komptensi tersebut meliputi unsur:
- ilmu pengetahuan (knowledge)
- kemampuan (skill)
- sikap (attitude)


Ketiga unsur ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proyek. Sebuah proyek akan dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu, ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan. Untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain:
1.      Manajemen Ruang Lingkup
2.      Manajemen Waktu
3.      Manajemen Biaya
4.      Manajemen Kualitas
5.      Manajemen Sumber Daya Manusia
6.      Manajemen Pengadaan
7.      Manajemen Komunikasi
8.      Manajemen Resiko
9.      Manajemen Integrasi

Referensi:
http://manajemenproyek.net/kompetensi-yang-harus-dimiliki-seorang-manajer-proyek.html diakses pada tanggal 5 Mei 2013 pukul 14.30.

0 comments:

Posting Komentar