RSS Feed

MENGENAL R-PROGRAMMING

Posted by Restiyanti Labels:

Apa sih R-Programming itu?

Mungkin ada yang udah tau tentang R-Programming atau bahkan udah nyoba sekaligus praktekin. Tapi w coba dah untuk berbagi ilmu dan penglaman w setelah nyoba program ini.
Langsung aja deh.
R-programming merupakan perangkat lunak yang  digunakan untuk menganalisa data statistik dan presentasi grafik. Jadi disini kita bisa ngitung rata-rata, median, dan modus. Selain itu kita juga bisa gambar grafik dari suatu kumpulan data.

Mengapa namanya R-Programming?
Menurut buku yang w baca, pada awalnya, versi pertama R dibuat oleh Ross Ihaka and Robert Gentleman dari Universitas Auckland, namun selanjutnya R dikembangkan oleh tim yang disebut tim inti. Nah, maka dari itu namanya jadi R-Programming,  karena nama mereka diawali oleg huruf R. 

R punya banyak kelebihan, diantaranya:
·         Efektif dalam pengelolaan data dan fasilitas penyimpanan karena ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil dibanding software lainnya.
·         Lengkap dalam operator perhitungan array.
·         Lengkap dan terdiri dari koleksi tools statistik yang terintegrasi untuk analisis data, mulai statistik deskriptif, fungsi probabilitas, berbagai macam uji statistik, hingga time series.
·         Tampilan grafik yang menarik dan fleksibel.
·         Dapat dikembangkan sesuai keperluan dan kebutuhan dan sifatnya yang terbuka.

R bersifat multiplatform, jadi bisa diinstal di sistem operasi Windows , UNIX/LINUX maupun pada Macintosh.

Untuk lebih lengkap tentang FAQnya bisa klik disini..


Kali ini cukup ini dulu deh pengenalannya. Besok lagi baru w bahas tentang bagaimana cara memasukkan data, mengurutkan data, mencari frekuensi.
C.U.

0 comments:

Posting Komentar