RSS Feed

Teori Organisasi Umum 1

Posted by Restiyanti Labels:


BAB I
Pendahuluan

Teori organisasi umum merupakan suatu pengetahuan yang menguraikan tentang organisasi & metode, dimana dalam suatu organisasi tersebut menerapkan proses ataupun kegiatan yang dapat meningkatkan segala sumber dan faktor dalam memperoleh suatu tujuan. Di Universitas Gunadarma teori organisasi umum adalah salah satu mata kuliah yang termasuk dalam softskill. Teori organisasi umum sangat penting karena selain menguraikan tentang arti pentingnya organisasi & metode, teori organisasi umum juga menjelaskan tentang ciri-ciri, unsur, & teori organisasi.

Menurut Prof Dr. Sondang P. Siagian, organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

Drs. Malayu S.P Hasibuan, mendefinisikan organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.

Dari beberapa paragraf diatas, organisasi memiliki banyak pengertian. Namum pada intinya dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sekumpulan orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

BAB II
Pembahasan

Sebelumnya telah diketahui dalam Bab I bahwa organisasi adalah sekumpulan orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Maka di bawah ini akan diuraikan tentang ciri-ciri, unsur, dan teori organisasi.

Ciri-Ciri Organisasi

Beberapa ciri organisasi antara lain:
·         Terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi antar satu dengan yang lain
·         Ada tujuan dan sasaran yang ingin dicapai
·         Adanya komponen yang terdiri atasan dan bawahan
·         Adanya kerja sama antara atasan dan bawahan serta anggota yang satu dengan yang lain
·         Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
·         Adanya koordinasi tugas-tugas

Unsur –Unsur Organisasi

Unsur -unsur dalam organisasi adalah sebagai berikut:
1.     Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama
Dengan adanya organisasi, orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
2.      Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
Dalam suatu organisasi biasanya terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.
3.     Jelas tugas kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas.
4.     Ada tujuan yang ingin dicapai
Suatu orgnisasi pasti memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.
Antara unsur-unsur ini ada saling kaitan dan saling berinteraksi, dalam arti saling mempengaruhi dan saling bergantung sehingga juga saling menentukan agar secara keseluruhan organisasi berfungsi mencapai tujuannya secara efisien.
                
Teori Organisasi

Teori tentang organisasi, diantaranya adalah:
Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a. Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

b. Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.

Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah :
- Pembagian kerja (division of work)
- Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
- Disiplin (discipline)
- Kesatuan perintah (unity of command)
- Kesatuan pengarahan (unity of direction)
- Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
- Balas jasa (remuneration of personnel)
- Sentralisasi (centralization)
- Rantai scalar (scalar chain)
- Aturan (oreder)
- Keadilan (equity)
- Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
- Inisiatif (initiative)
- Semangat korps (spirit de corps)



BAB III
Kesimpulan

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Organisasi memiliki ciri-ciri ada tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, adanya komponen yang terdiri atasan dan bawahan, adanya kerja sama antara atasan dan bawahan serta anggota yang satu dengan yang lain, dan adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.

Unsur-unsur organisasi anatara lain sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama, proses kerja sama sedikitnya antar dua orang, jelas tugas kedudukannya masing-masing, dan . ada tujuan yang ingin dicapai.  Teori Organisasi Klasik terdiri dari teori birokrasi dan teori administrasi.

Berdasarkan arti dari organisasi yang diungkapkan oleh beberapa orang diatas, peran organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu membutuhkan organisasi didalamnya agar bisa tercapai tujuan tersebut.


BAB IV
Daftar Pustaka










0 comments:

Posting Komentar